iden

Tingkatkan Kualitas Publikasi dan Riset, PURI dan PUSPEMAL FEB UNPAK Gelar Sosialiasi Hibah Dosen ke-2 Menjelang Akhir Tahun 2023.


 Tingkatkan Kualitas Publikasi dan Riset, PURI dan PUSPEMAL FEB UNPAK Gelar Sosialiasi Hibah Dosen ke-2 Menjelang Akhir Tahun 2023.

Gambar 1. Foto Bersama Kegiatan Sosialisasi Hibah Internal FEB Ke-2 UNPAK 2023.

(Sumber : Dokumentasi Kegiatan)

 

Pusat Riset dan Inovasi (PURI) bersama dengan Pusat Studi Pemberdayaan Masyarakat dan Kearifan Lokal (PUSPEMAL) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan menggelar kegiatan Sosialisasi Hibah Internal ke-2 pada hari Senin tanggal 18 Desember 2023. Acara ini dilaksanakan di gedung Akuntansi FEB-Unpak dengan dihadiri oleh Dosen FEB-Unpak sejumlah 50 Dosen. Sosialisasi dilakukan secara hybrid yaitu luring dan daring via zoom meeting. Kegiatan ini digalakkan kepada seluruh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan dalam rangka peningkatan pengetahuan serta kapabilitasnya dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga serangkaian aktivitasnya dapat berjalan dengan sempurna.

Program ini akan berjalan selama satu tahun dan dan penerimaan proposal tersebut sudah dibuka terhitung dari tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan tanggal 15 Januari 2024 mendatang. Dalam pelaksanaannya nantinya, tidak hanya partisipasi dari dosen-dosen saja, tetapi ada peran serta dari Mahasiswa FEB-Unpak. Penandatangan kontrak hibah Internal ke-2 ini akan dilakukan mulai tanggal 1-5 Februari 2024 oleh Ketua Pengusul dengan Wakil Dekan Bidang Keuangan dan SDM FEB-Unpak.

 

Gambar 2. Kepala PURI (Kiri) dan Kepala PUSPEMAL (Kanan) FEB Unpak

(Sumber : Dokumentasi Kegiatan)

 

“Dalam pelaksanaan program hibah dosen yang ke-2 ini, objek sasaran akan lebih diperluas. Jika pada tahun 2020 silam hanya ada BUMDesa, maka di tahun ini alternatif pilihan objek dikembangkan menjadi BUMDesa, Desa Wisata, UMKM, Kearifan Lokal, dan lain sebagainya. BUMD pun boleh”, ungkap Fredi Andria, S.Tp., MMA., Kepala PURI FEB-Unpak yang menjadi narasumber dari kegiatan Sosialisasi Hibah Internal FEB Ke-2.

Perihal target mitra yang telah direkomendasikan oleh PUSPEMAL, baik BUMDesa, Desa Wisata UMKM, Kearifan Lokal, dan lain sebagainya, telah disampaikan dalam kegiatan sosialisasi.

“Kita bisa lihat melalui website https://ekabo.bogorkab.go.id/ secara lengkap mitra potensial yang dapat dijadikan target penelitian dan pengabdian masyarakat pada hibah ini. Namun, kami tidak memberikan batasan apabila para dosen ingin melakukan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di luar Kota Bogor atau Kabupaten Bogor”, tutur Kepala PUSPEMAL, Eka Patra, SE., MM., C.BOA., C,CC., C.IJ, yang menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi.

Fokus dari kegiatan yang diinisiasi oleh PURI dan PUSPEMAL adalah meningkatkan jumlah publikasi ilmiah Dosen FEB-Unpak, menggalakkan budaya meneliti dan mengabdi, meningkatkan target penerimaan HIBAH penelitian dan pengabdian, serta menaikkan posisi FEB-Unpak dalam peringkat publikasi ilmiah.

Dalam pelaksanaannya, terdapat 2 persyaratan berbeda antara program Penelitian dengan program Pengabdian Pada Masyarakat. Persyaratan pada program Penelitian yaitu dari luaran wajib yang dihasilkan dan luaran tambahan yang dihasilkan dari masing-masing skema. Luaran wajib yang dihasilkan dalam skema penelitian yaitu publikasi artikel ilmiah dan poster. Sedangkan, untuk skema pengabdian pada masyarakat terdapat tambahan di antaranya yaitu video kegiatan, publikasi berita harian, dan standing banner. Luaran tambahan yang dihasilkan dalam skema penelitian yaitu HKI, buku ajar, seminar atau prosiding, Invited Speaker dalam temu ilmiah nasional atau internasional, dan model, karya seni, atau produk. Tambahan lainnya untuk skema pengabdian pada masyarakat yaitu teknologi tepat guna.

 

Gambar 3. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

(Sumber : Dokumentasi Kegiatan)

 

“Langkah ini merupakan inisiatif yang paling tepat mengingat penelitian dan pengabdian merupakan salah satu fungsi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi”, imbuh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Towaf Totok Irawan, S.E., M.E., Ph.D.

Adanya program ini diharapkan dapat menjadi sarana kolaborasi dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di perguruan tinggi sehingga dapat memberikan manfaat secara nyata serta turut membantu dalam usaha peningkatan akses pembangunan pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian harapan seterusnya yaitu dapat mendorong citra positif dan mampu meningkatkan kualitas institusi khususnya di lingkungan FEB-Unpak, memberikan motivasi bagi para dosen untuk aktif menciptakan kolaborasi dalam program penelitian dan pengabdian seperti ini, serta mendongkrak eksistensi dalam ranah publikasi ilmiah. (SNK/NPS)***

 

 


© 2024 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pakuan