iden

Manajemen Waktu Modal Utama Dalam Dunia Kerja


Manajemen Waktu Modal Utama Dalam Dunia Kerja

Dunia kerja merupakan dunia yang dinantikan hampir semua orang. Dengan bekerja maka harapan semua orang adalah menerima upah atas pekerjaan mereka dan tujuan akhir berupa memenuhi kebutuhan dan cita-cita. Terkadang orang-orang yang memiliki ambisi bekerja yang terbilang tinggi memiliki lebih dari satu mata pencaharian. Tentunya dengan mata pencaharian yang lebih banyak harapannya, yaitu mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik dibandingkan dengan hanya satu mata pencaharian. Namun, apabila orang tersebut tidak dapat mengorganisir jadwal pekerjaan yang satu dengan yang lainnya dengan baik maka akan terjadi sebaliknya, kinerjanya akan menurun hingga berimbas negatif kepada seluruh pekerjaannya bahkan organisasi tempat Ia bekerja. Tentunya semua hal tersebut dapat dihindari dengan menerapkan manajemen waktu.

Manajemen waktu merupakan cara seseorang memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk memperoleh efektifitas dan efisiensi dalam melakukan suatu pekerjaan. Terdapat banyak keuntungan menerapkan manajemen waktu, misalnya menurunkan tingkat stres dalam bekerja dan meningkatkan kedisiplinan.

Lalu kira-kira seperti apa sih penerapan manajemen waktu yang baik itu? Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan penerapan manajemen waktu pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan. 

1. Membuat Skala Prioritas Pada Setiap Pekerjaan
Tentunya antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lainnya memiliki tingkat penanganan yang berbeda-beda. Terdapat pekerjaan yang memiliki tingkat penanganan yang extra ada pula pekerjaan yang tidak perlu penanganan yang extra. Maka dari itu penting untuk menentukan prioritas suatu pekerjaan agar kita tidak kerepotan dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan. Misalnya, kerjakannlah pekerjaan dari yang paling mudah dan rendah risikonya terlebih dahulu.

2. Menentukan Perkiraan Durasi Pekerjaan
Sejalan dengan penentuan proritas pekerjaan pengelolaan durasi pekerjaan juga sangat penting untuk dilakukan karena durasi pekerjaan sangat berhubungan dengan waktu. Pengelolaan durasi pekerjaan dari yang tercepat hingga yang terlama dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan.

3. Disiplin
Disiplin merupakan kemampuan untuk mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang menurut peraturan eksternal dan norma yang ada. Jika beberapa metode sebelumnya telah dilakukan selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk selalu disiplin atas sesuatu yang akan maupun sedang dikerjakan.

4. Fokus  
Pusatkan perhatian pada satu pekerjaan yang sedang dilakukan akan membantu meningkatkan efektifitas pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Tentunya beberapa hal di atas bukan merupakan batasan untuk menerapkan manajemen waktu. Masih terdapat banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghasilkan manajemen waktu yang baik.

Sumber:
Vinahapsari, C, A. and Rosita. (2020). PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA STRES
AKADEMIK PEKERJA PENUH WAKTU. Jurnal Bisnis Darmajaya, 6(1).
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-ternate/baca-artikel/14749/Manajemen-Waktu-Bagi-Pegawai.html

Ditulis oleh: Reza Ariftiarno


© 2024 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pakuan